Pernah memperoleh julukan motor jambret lantaran karena sangat cepat serta gaharnya mesin RX King, hingga RX King kerap dipakai juga sebagai motor pelaku tindak kejahatan. Yamaha RX King pertama kali ada di Indonesia th. 1983, adalah penyempurnaan dari Yamaha RX K, dengan menambahkan YEIS yang bikin RX King lebih hemat bahan bakar seputar 15 %.
Diluar itu Yamaha Computerized Lubrication Sistem bikin RX King makin bertenaga sampai 5000 Rpm. Bila dirunut dari sejarahnya RX King ini dibagi dalam 3 generasi. Generasi awal Yamaha RX King atau yang umum dimaksud King kobra, dimaksud kobra lantaran stangnya model seperti leher ular kobra yang waktu itu lagi ngetrend.
Generasi pertama RX-King diproduksi 1983-1995. Tipe ini yang sering disebut dengan RX-King Cobra. Model kobra ini di produksi pada th. 1983-1991, dengan dengan kode blok mesin Y1 serta Y2. Pada 1990-1995 generasi selanjutnya keluarnya dengan ubahan pada sepatbor depan, warna setang, behel belakang, tutup rantai serta model striping. Pada bagian lampu tidak mengalami perubahan berarti. Bentuk tetap sama hanya warna mika lampu belakang serta sein menjadi smoke.
Pada tahun 1996-2001, RX-King kembali mengalami beberapa perubahan. "Di tahun ini banyak yang menyebut sang raja ini dengan Master dengan kode blok mesin Y1-74, konon y1-74 ini yaitu produksi Yamaha pulogadung Jakarta Bisa dilihat perbedaan dari pendahulunya hanya di beberapa bagian seperti spidometer, swing arm serta tutup rantai," timpal Syahbani alias Ujang Bani mekanik Bani Motor di Tomang yang dulu rajin balap motor pakai RX-King.
Tahun 2002-2006 produksi RX-King kembali berubah di beberapa bagian. Banyak yang menyebut RX-King New generasi paling akhir ini telah penuhi standar EURO jadi tak memiliki asap sejumlah pendahulunya.
karena lebih banyak perubahan dibanding sebelumnya, seperti spidometer yang tadinya kotak menjadi bulat. Bagian headlamp berubah bentuk menjadi sedikit oval, dudukan klakson pindah tempat ke sasis depan yang sebelumnya di bawah headlamp. Juga bentuk emblem dan striping tangki serta tutup boks kiri kanan yang ikut berubah.
Pada era ini juga Yamaha memproduksi RX-King edisi anniversary. Tepatnya tahun 2003, dimana RX-King merayakan ulang tahun ke--20 semenjak awal produksi. Edisi ini bisa kita lihat perbedaannya pada warna striping, ring lampu depan serta spidometer yang berubah menjadi emas selain tulisan 20th pada tutup boks.
Dengan dapur pacu seperti ini Yamaha RX King memiliki tenaga maksimum 18, 5 PS/9000 RPM serta torsi puncak 1. 54 KGF. M/8. 000 RPM. Panjang Yamaha RX King 1970 mm, lebar 735 mm, serta tinggi 1065 mm sedangka jarak sumbu roda meraih 1245 mm.
Riset pasar juga menunjukkan bahwa banyak konsumen yang mengeluhkan performa motor 2-TAK boros bahan bakar, rendahnya kekuatan pada kecepatan rendah, dan terlalu banyak mengeluarkan asap.
Kehadiran RX-King dengan desain dan kemampuannya bagaikan hujan di musim kemarau. Hingga saat ini RX-King menjadi legenda yang menempati hati penggemar motor Indonesia.

Spesifikasi RX-King:
Tipe Mesin : 2 langkah berpendingin udara
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan manual
Karburator : MIKUNI VM26
Kapasitas tangki : 9,5 liter
Kapasitas oli samping : 1 Liter
Sistem pengapian : CDI
Ukuran Roda : 2.75-18 (depan) 3.00-18 (belakang)
Rem : Cakram dengan Kaliper 2 piston (depan). Tromol (belakang)
#Semoga Bermanfaat dan semakin kingers.
Tahun 2002-2006 produksi RX-King kembali berubah di beberapa bagian. Banyak yang menyebut RX-King New generasi paling akhir ini telah penuhi standar EURO jadi tak memiliki asap sejumlah pendahulunya.
karena lebih banyak perubahan dibanding sebelumnya, seperti spidometer yang tadinya kotak menjadi bulat. Bagian headlamp berubah bentuk menjadi sedikit oval, dudukan klakson pindah tempat ke sasis depan yang sebelumnya di bawah headlamp. Juga bentuk emblem dan striping tangki serta tutup boks kiri kanan yang ikut berubah.
Pada era ini juga Yamaha memproduksi RX-King edisi anniversary. Tepatnya tahun 2003, dimana RX-King merayakan ulang tahun ke--20 semenjak awal produksi. Edisi ini bisa kita lihat perbedaannya pada warna striping, ring lampu depan serta spidometer yang berubah menjadi emas selain tulisan 20th pada tutup boks.
Dengan dapur pacu seperti ini Yamaha RX King memiliki tenaga maksimum 18, 5 PS/9000 RPM serta torsi puncak 1. 54 KGF. M/8. 000 RPM. Panjang Yamaha RX King 1970 mm, lebar 735 mm, serta tinggi 1065 mm sedangka jarak sumbu roda meraih 1245 mm.
Riset pasar juga menunjukkan bahwa banyak konsumen yang mengeluhkan performa motor 2-TAK boros bahan bakar, rendahnya kekuatan pada kecepatan rendah, dan terlalu banyak mengeluarkan asap.
Kehadiran RX-King dengan desain dan kemampuannya bagaikan hujan di musim kemarau. Hingga saat ini RX-King menjadi legenda yang menempati hati penggemar motor Indonesia.

Spesifikasi RX-King:
Tipe Mesin : 2 langkah berpendingin udara
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1
Gigi Transmisi : 5 Kecepatan manual
Karburator : MIKUNI VM26
Kapasitas tangki : 9,5 liter
Kapasitas oli samping : 1 Liter
Sistem pengapian : CDI
Ukuran Roda : 2.75-18 (depan) 3.00-18 (belakang)
Rem : Cakram dengan Kaliper 2 piston (depan). Tromol (belakang)
#Semoga Bermanfaat dan semakin kingers.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar