Baiklah
kali ini saya akan mengulas sedikit tentang cara keja karburator dalam
mencampur bensin dan udara. yuk simak. cekidottt...
Bongkarlah karbu dan acak-acaklah isinya, pasti akan terheran-heran. Di
situ tidak ada sekop atau sendok yang mengaduk udara dan bahan bakar.
Tapi kok bensin dan udara bisa bercampur? Didalam karbu ada spuyer atau
jet. Fungsinya, memecah bensin jadi molekul halus. Yang jelas, cara
kerja karbu mengabutkan bensin hampir sama dengan semprotan nyamuk. Jika
semprotan nyamuk atau pestisida memanfaatkan tekanan langsung pada
tabung. Sementara, karburator memanfaatkan daya kevacuman isapan piston.
Contohnya, mulut anda dimonyongkan, lantas sedot dengan kencang tuh air
di gelas. Pasti masuk ke mulut. Kan, begitu maksudnya.
Agar
bensin tidak masuk ke mesin dalam bentuk gumpalan saat tersedot, mesti
dilewati saluran kecil. Itulah fungsi spuyer. Ini bisa dicontoh pada
slang air. Jika ujungnya dipencet, otomatis semburannya jadi bias. Bias
inilah, yang harus dicampuri udara, biar berubah jadi kabut. Jika bensin
berubah bias, berarti dengan mudah bersenyawa dengan udara.
Mau
contoh lagi? Ya seperti air hujan yang tertiup angin kencang, pasti
berubah jadi kabut. Padahal, hujan menetes dengan butiran besar.
Mari lebih dekat lagi. Pilot-jet menyuplai bensin saat mesin langsam.
Sedangkan main-jet akan mendukung kebutuhan ketika dapur pacu berkitir
tinggi. Keduanya saling mendukung. Tapi, om, dari mana tenaga
nyemprotnya? kan dari daya vacum tadi, nak. Prinsip dasar karbu
memanfaatkan perbedaan tekanan udara. Bukan dari skep yang terangkat
ketika handel gas dipelintir, trus bensin otomatis menyembur. bukan itu,
adik-adik...
Saat cuk terbuka
Eh, kamu tahu enggak, tiap karbu itu dilengkapi venturi? Tahu? Bagus,
bagus. Lho, ada yang kagak tahu. Coba tengok lubang karbu. Ada bagian
yang makin ke tengah kian menyempit, kemudian melebar lagi. Nah yang
sempit itu namanya venturi. Disini tekanan udaranya lebih rendah.
Hasilnya, kecepatan udara lebih kencang ketimbang di bagian lain.
Seperti mulut monyong tadi itu. Yang sudah ngerti, ayo, tujuk
monyong!..haha.
Saat sedang langsam
Akhirnya, bensin di mangkuk karbu tersedot pilot-jet dan main-jet ke
atas dan akhirnya bersenyawa dengan udara atau hawa. Bukan bensin pinter
manjat. Ya seperti hujan tertiup angin tadi. Kan jadi kabut. Lalu ,
bagaimana udara masuk saat mesin stasioner? Kan skep menutup rapat
venturi. ah...ini mah tersedia lubang udara khusus yang di by-pas
langsung ke rumah pilot-jet. Tenaga Sedotnya, tetap memanfaatkan daya
vacum. Lubang Khusus ini, dilengkapi pengatur jumlah udara. Ini yang
disebut sekrup setelan udara. Kesimpulannya, jika sampeyan mengganti
pilot-jet, meski diikuti menambah setelah udara, asal idle tetap kaya.
Gitu, ganti. Roger!
Saat kecepatan tinggi, skep terbuka penuh
Menurut teori dibangku sekolah, campuran udara bahan bakar idealnya
1:15. Artinya satu molekul bensin bercampur dengan 15 molekul udara.
Hitungannya, kondisi seperti ini pembakaran benar-benar sempurna.
Makanya, campuran terlalu kaya berakibat mbrebet. Kekurangan bensin
malah cepat panas. Jika kabutnya terlalu halus, ruang bakar tandus.
Sebaiknya, jika bahan bakar masuk dalam bentuk cair bulat-bulat,
pembakaran cenderung basah. Tenaga oke, campuran bensin udara optimal!
Demikian lah ulasan singkat ini.
#Semoga bermanfaat dan semakin kingers
Di blog ini saya ingin berbagi apapun tentang motor, dimana sekarang motor bukan hanya sekedar alat transportasi saja melainkan sebagai hobby, bukan juga sebagai ajang pamer-pameran melainkan perihal selera, semoga di blog ini kita dapat saling berbagi ilmu bukan hanya sekedar sharing tetapi dapat menjalin silaturahmi. #Salam Kingers.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Trik Pemasangan Ground Strap Pada Koil Rx King (Memperbesar Pengapian)
hallo bro sist kali ini kita bahas tentang trik pemasangan ground strap di motor rx king maupun di motor2 lainnya. yuk simak. cekidottt... ...
-
Berikut ini saya akan menjelaskan sedikit tentang komponen2 dalam karburator. yuk simak. cekidottt.... Karburator merupakan bagian terpentin...
-
Halo sobat HobiKingers postingan saya kali ini pembahasan tentang pemasangan lampu RxKing agar tidak cepat putus. yuk simak semua. cekidott....
-
Disini saya akan membagikan tips dalam mensetting karburator king agar pas dan tidak mberebet. yuk simak... cekidot... Cara seting karb...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar